Begini Sejarah Singkat Peristiwa Perang Dunia Pertama

Begini Sejarah Singkat Peristiwa Perang Dunia Pertama

Sebenarnya banyak sekali pasukan militer yang dilibatkan dalam perang dunia yang pertama, kurang lebih sekitar 70 juta orang. Dengan banyaknya pasukan militer yang terlibat tentunya korban jiwa yang meninggal dunia juga tidak sedikit. Hal ini tidak lain karena teknologi yang digunakan pada saat perang dunia tersebut sudah begitu canggih. Maka dari itu tidak heran jika jumlah korban akibat peristiwa perang dunia tersebut juga banyak, setidaknya mencapai lebih dari 9 juta orang yang tewas.  Penyebab utama dari perang dunia yang pertama tersebut dicurigai karena adanya kebijakan dari negara-negara luar yang mempunyai kekuatan besar di wilayah Eropa.

 

Dimana beberapa negara yang diamksud tidak lain yaitu italia, Republik Perancis, Imperium Britania, Kekaisaran Rusia, Kekaisaran Jerman, Kekaisaran Austria Hungaria, dan juga Kesultanan Utsmaniyah. Awal mulanya, terbentuk sebuah aliansi negara dengan kekuatan yang begitu besar di wilayah Eropa sebelum perang dunia yang pertama tersebut berlangsung. Akhirnya aliansi tersebut terguncang karena adanya kasus pembunuhan terhadap Franz Ferdinand yang tak lain merupakan salah seorang pewaris Kekaisaran Austria Hungaria. Menurut kabar yang beredar, kasus pembunuhan terhadap Franz Ferdinand tersebut terjadi pada tanggal 22 Juni 1941 silam di daerah Sarajevo.

 

Diketahui sang pembunuh pewaris Kekaisaran Austia Hungaria tersebut merupakan salah seorang nasionalis Yugoslavia. Akibatnya muncul sebuah ultimatum Habsburg untuk Kerjaan Serbia atas kasus pembunuhan yang meregang nyawa Franz Ferdinand. Berdasarkan ultimatum tersebut, masing-masing aliansi yang mempunyai kekuatan besar tersebut akan terlibat dalam peperangan selama beberapa minggu ke depan. Dimana berita tentang peristiwa peperangan tersebut disebarluaskan ke seluruh penjuru dunia dan dikenal dengan istilah “Perang Dunia I”.

 

Ketika revolusi industri berkembang di  Inggris, pada akhirnya negara yang lainnya juga tidak mau kalah. Mereka ikut mengembangkan bidang perindustriannya sendiri dan saling berlomba antara satu sama lain. Baik itu negara Perancis, Austria Hungaria, Belanda, Italia, Jerman, dan juga Rusia. Dengan begitu dapat dikatakan juga bahwa dengan banyaknya pengembangan di bidang industri tersebut maka muncul persaingan yang begitu ketat. Dimana mereka harus mencari bahan baku, lokasi pemasaran, dan juga negara jajahan untuk menanamkan modalnya.

 

Selain itu ternyata alasan umum berlangsungnya perang dunia yang pertama  tidak lain karena adanya perkembangan di dunia militer. Dengan begitu mereka berlomba-lomba memperluas daerah jajahannya dan membuat dunia di bidang kemiliteran menjadi semakin berkembang secara besar-besaran. Dimana perkembagan dunia militer tersebut dapat dilihat dari persenjataannya hingga kualitas dan jumlah pasukannya. Hingga pada akhirnya negara tersebut membuat dua buah aliansi yaitu Triple Alliance dan juga Triple  Entante. Negara yang masuk ke dalam aliansi Triple Alliance tidak lain adalah Italia, Jerman, dan juga Austria Hongaria. Sedangkan negara yang masuk ke dalam aliansi Triple Entante tidak lain adalah Rusia, Inggris, dan juga Perancis.

 

Kurun waktu perang dunia yang pertama tersebut kurang lebih terjadi selama 4 tahun yang mana berlangsung melalui armada darat, laut, dan juga udara. Sedangkan wilayah peperangannya sendiri juga terbagi menjadi tiga bagian. Ada front timur, balkan, dan juga barat yang mana tidak ada satu negara mengikutinya. Namun lain halnya dengan Jerman yang justru malah ikut terlibat ke dalam seluruh front pertempuran itu tadi. Di bagian front pertempuran timur, pasukan tentara dari pihak Jerman ditugaskan untuk menghadapi militer dari Kekaisaran Rusia. Sedangkan pada front  pertempuran balkan, Jerman dihadapkan langsung dengan negara Russia, Serbia, Rumania, dan juga Inggris.

 

Terakhir, di front pertempuran barat Jerman berhadapan langsung dengan negara Belgia, Belanda, Inggris, dan juga Perancis. Namun setelah beberapa bulan kemudian negara Italia pada akhirnya ikut bergabung ke dalam perang dunia tersebut. Dimana dalam hal ini negara Italia bergabung dengan aliansi dari Ingrris, Perancis, dan juga Rusia. Keterlibatan  Italia dalam peperangan tersebut tidak lain karena ada permusuhan yang terjadi pada negaranya sendiri dengan Kekaisaran Austria Hungaria. Hal tersebut tidak lain karena sebagian besar wilayah yang ada di negara Italia ternyata masih ada yang dikuasai oleh mereka.

 

Ketika perang dunia yang pertama tersebut berlangsung, negara Jerman mendapatkan kemenangan dalam medan pertempuran yang dilakukan di laut. Mengingat teknologi kapal selam milik Jerman sudah begitu maju jika dibandingkan dengan yang lainnya. Bahkan, melalui kapal selam yang dimilikinya tersebut pihak Jerman melakukan berbagai macam serangan yang ditujukan pada kapal militer maupun dagang milik aliansi Triple Entance. Dimana  serangan yang dilakukan oleh pihak Jerman tersebut hanya mengenai kapal milik negara Inggris. Bahkan serangan yang dilakukan oleh pihak Jerman tersebut mengakibatkan ratusan warga yang ada di dalam kapal Inggris tersebut menjadi meregang nyawa. Dengan demikian hal tersebut memaksa Amerika Serikat untuk ikut terlibat dalam perang dunia yang pertama.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *