Penyebab Umum Hingga Khusus dari Perang Dunia II

Penyebab Umum Hingga Khusus dari Perang Dunia II

Dalam sejarahnya perang dunia yang kedua ini melibatkan lebih dari 100 juta pasukan militer. Bahkan beberapa negara besar juga turut memaksimalkan seluruh kemampuannya baik dari segi industri, ekonomi, maupun  ilmiahnya untuk mempersiapkan peperangan tersebut. Sepanjang sejarah umat manusia jumlah kematian dari perang dunia yang kedua ini begitu parah karena telah memakan korban jiwa sebanyak 50 sampai dengan 70 juta orang.  Dimana ada dua aliansi yang terlibat dalam perang dunia kedua tersebut.

 

Blok fasis atau poros sendiri ditempati oleh negara Jepang, Italia, dan juga Jerman. Sedangkan pada blok sekutu alias The Big Four ditempati oleh negara Tiongkok, Uni Soviet, Britania Raya, dan juga Amerika Serikat. Awal mulanya perang dunia kedua yang terjadi pada tanggal 1 September 1939 silam tersebut terjadi karena masalah invasi Jerman ke Polandia. Dua hari kemudian pihak Perancis dan juga Britania menyatakan perang terhadap negara Jerman. Diketahui dari kabar lain peristiwa terjadinya perang dunia yang kedua tersebut dimulai pada tanggal 7 Juli 1937. terlepas dari semua itu penyebab utama terjadinya perang dunia yang kedua tidak lain karena munculnya fasis Italia tepatnya di tahun 1920an silam  .

 

Lebih lanjut, penyebab umum terjadinya perang dunia yang kedua tersebut tidak lain karena gagalnya LBB atau Liga Bangsa-Bangsa dalam membuat perdamaian dunia. Bahkan negara maju tersebut saling berlomba satu sama lain untuk memperkuat persenjataan dan juga pasukan militernya. Di sisi lain, penyebab umum mengapa perang dunia kedua bisa terjadi tidak lain karena adanya politik aliansi yang berguna untuk membentuk kawan persekutuan. Sedangkan penyebab khususnya sendiri ada banyak salah satunya serangan ada di wilayah Polandia.

 

Tepatnya pada tanggal 1 Septermber 1939 silam, Jerman menyerang negara Polandia dan dengan tegas menolak tuntuan yang diberikan oleh negara Perancis  dan juga Britania untuk terus mundur. Dengan begitu dapat dikatakan juga bahwa baik negara Perancis maupun Britania, keduanya menyatakan perang kepada negara Jerman pada tanggal 3 Septermber 1939 silam. Selain itu penyebab khusus  terjadinya perang dunia yang kedua tidak lain karena pengaruh serangan terhadap pihak Uni Soviet.

 

Tepatnya di bulan Juni 1941 silam pihak Jerman menyerang Uni Soviet karena sang pimpinan diktator  tersebut percaya bahwa mereka bisa mengalahkan negara tersebut hanya dalam serangan kilat saja. Bahkan Fuhrer Adolf Hitler juga memerintahkan pasukan militernya untuk terus melakukan perlawanan pada saat pihak Uni Soviet belum siap menjalani perang. Dengan bentuk perlawanan tersebut mereka berharap supaya bisa menuju kemenangan dan mau tau mau membuat wilayah Britania mengadakan negosiasi dan menyelesaikan peperangan tersebut.

 

Selain itu perang dunia yang kedua tersebut juga disebabkan karena adanya serangan dari Jepang secara mendadak pada tanggal 7 Desember 1941 silam di Pearl Harbour, Hawai terhadap Pangkalan Armada Angkatan Laut milik Amerika Serikat. Akibatnya perang dunia yang kedua tersebut membawa dampak yang begitu besar bagi seluruh negara di belahan dunia. Salah satunya yaitu di bidang politik, yang mana munculnya negara Uni Soviet dan juga Amerika Serikat sebagai negara super power alias adikuasa. Dimana kedua negara tersebut saling bersaing dan sikut-sikutan dalam peristiwa perang dingin. Lalu timbul negara-negara baru seperti halnya Filipina pada tanggal 4 Juli 1946 dan juga Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

 

Bahkan muncul aliansi baru yang sengaja dibentuk demi kepentingan bersama-sama yang tak lain yaitu SEATO dan juga NATO. Munculnya politik tersebut berakibat pada  pemecah belahan negara yang tadinya sudah menyatu menjadi terpisah. Salah satunya yaitu negara Jerman yang dibagi menjadi dua wilayah yaitu timur dan juga barat. Ada jua negara India yang dibagi menjadi dua wilayah yaitu Pakistan dan India itu sendiri. Perang dunia tersebut tidak hanya memberikan dampak di bidang politik saja melainkan di bidang ekomoni juga demikian. Hal ini dibuktikan dengan perekonomian negara di seluruh dunia  yang hancur lebur. Hal tersebut tidak lain karena masalah kerusakan yang begitu parah akibat perang dunia tadi.

 

Sebab waktu itu hanya warga negara Amerika Serikat saja yang mempunyai tingkatan ekonomi yang stabil. Namun di sisi lain, perang dunia yang kedua tersebut juga memberikan dampak positif di bidang sosial salah satunya yaitu Perserikatan Bangsa Bangsa membentuk United Nations Relief Rehabilitation Administration alias UNRA. Tugasnya sendiri tidak lain yaitu untuk mengerjakan kembali tanah yang rusak akibat perang dunia. Bahkan, UNRA juga bertugas untuk mendirikan rumah sakit hingga memberikan makanan kepada orang-orang yang terlantar akibat perang dunia yang kedua itu tadi. Tidak lupa juga UNRA turut mengurusi pengungsi dan juga menyatukan kembali mereka dengan keluarga yang tadinya sempat terpisah karena berlangsungnya perang dunia tersebut tentunya.


Leave a Reply

Your email address will not be published.